Makan Sup dan Dessert Ala Korea

Makan Sup dan Dessert Ala Korea

Makan Sup dan Dessert Ala Korea itu ada beberapa variasinya yang populer di Indonesia seperti jjigae (sup), ramyeon, dan tteokbokki.

Tidak kalah happening ialah dessert-nya yakni patbingsoo yang kerap dipersingkat jadi bingsu. Di Bandung, telah ada beberapa puluh restaurant korea yang menyajikan makanan dan dessert Korea.

Makan Sup dan Dessert Ala Korea di Bahagia Snow Bingsu

Namun, jika kamu sedang cari yang detil seperti ingin makan bingsu saja, Nglayap ingin mereferensikan Bahagia Snow Bingsu.

Baca Juga: Seruput Berbahagia Kopi Nikmat

Dari namanya saja bisa dibayang-bayangin, ya, jika tempat ini jagokan bingsunya. Hm, memangnya seenak apa, sich, bingsu di Bahagia Snow Bingsu? Menurut kami, bingsu pada tempat ini betul-betul asli seperti bingsu di Korea. Dimulai dari bahan pengerjaan, struktur, penampilan, opsi rasa, sampai ide tempatnya betul-betul Korea sekali.

Menu Makan Sup dan Dessert Ala Korea

Jika main ke Bahagia Snow Bingsu tentunya kamu harus coba bingsu-nya. Namun, saat sebelum pada menu dessert, kita ingin ulasan makanan beratnya dahulu. Saat itu kami coba Budae Jjigae-nya. Jika kamu kerap menonton sinetron atau variety show Korea kemungkinan telah kenal kembali dengan makanan langsung diolah di atas meja ini.

Inilah kemunculannya! Sepintas riwayat berkenaan budae jjigae, makanan ini berbentuk sup yang berisi ham dan daging kalengan saja, pada awalnya. Makanan ini terbentuk saat Korea sedang perang hingga rakyatnya kesusahan bahan pangan.

Nach, warga seputar propinsi Gyeonggi manfaatkan makanan yang mereka peroleh dari pangkalan militer Amerika Serikat, yakni ham dan daging kalengan. Beberapa bahan ini direbus dengan gochujang (pasta cabe Korea).

Jika saat ini, Budae Jjigae tidak digolongkan sebagai “makanan miskin” kembali, tetapi menjadi makanan semua kelompok. Isinya juga telah alami banyak pengembangan, misalnya dengan ditambah ramyeon instant, sayur, jamur, kimchi, tteok (kue beras), keju, dan lain-lain.

Kembali lagi ke Budae Jjigae di Bahagia Snow Bingsu, dapat disebut jika Budae Jjigae di sini terhitung sederhana karena isinya tidak banyak jenisnya. Ada ramyeon instant, ham dan daging kalengan, sosis, fried tofu, tahu putih basah, bawang bombai, jamur enoki, sawi putih, tidak lupa ada gochujang dan sedikit bawang daun.

Di sejumlah restaurant Korea, umumnya airnya telah ada di panci. Nach, jika di Bahagia Snow Bingsu ini, airnya disiapkan di termos terpisah. Isi airnya cukup buat satu porsi Budae Jjigae-nya, jadi kamu tak perlu cemas tuangkan airnya kebanyakan atau begitu sedikit, karena air yang disiapkan telah cocok untuk satu porsi.

Cara Memasak Makanan di Bahagia Snow Bingsu

Langkah mengolahnya, kamu tinggal tuang air ke panci lalu hidupkan kompornya. Anjuran untuk menyisihkan kejunya lebih dulu ke piring atau mangkok, soalnya jika diaduk kejunya jadi tidak terlihat dan tidak berasa dan hanya diberi selembar keju (hehe). Terus aduk, dech, gochujang dan beberapa bahan yang lain agar masak rata. Janganlah lupa merusak daging kalengannya gunakan capitan yang telah disiapkan.

Sesudah diaduk, penampilan Budae Jjigae-nya jadi semacam ini. Kamu dapat tuangkan sup dan isinya ke mangkok sesuai dengan selera memakai sendok sup yang sudah ada. Atau kamu juga bisa langsung makan dari pancinya, tetapi awas lidahnya terbakar karena kepanasan!

Harga Kuliner Makan Sup dan Dessert Ala Korea

Harga satu porsi Budae Jjigae ialah IDR 90K dan ini dapat dikonsumsi untuk 2-3 orang, jadi kamu dapat udunan dengan rekan-rekan. Oh, iya, saat itu kami memperoleh free rice karena sedang promosi. Tetapi, jika kamu membeli sendiri, harga nasinya ialah IDR 10K per mangkok. Keseluruhan harga Budae Jjigae minus free rice ialah IDR 99K sesudah terserang pajak.

Habis makan tentu saja kita harus minum. Kami mesan Black Tea Latte (IDR 22K, dengan pajak jadi 24.200). Satu kembali, kami pesan Taro Latte yang harga sama. Jika untuk sisi rasa sesungguhnya kurang nendang, Black Tea dan Taro-nya tidak begitu berasa, lebih kuat rasa gula dan susunya, jadi cukup sedih, sich.

Nach, saat ini langsung kita ulas bintangnya Bahagia Snow Bingsu, yakni bingsu-nya! Karena perut kami cukup kenyang, jadi kami cuman dapat coba satu variasi bingsu saja, yakni Oreo Cheese Cake Bingsu (IDR 39.5K telah dengan pajak). Ini yang ukuran mini, ya, alias cukup buat share berdua. Ada yang ukuran jumbo jika kamu ingin share lebih dari 2 orang.

Menurut kami, ukuran Mini juga lumayan banyak, kok. Oreo Cheese Cake Bingsu-nya terlihat memikat sekali, ya? Dalam gunung Oreo itu ada es serutnya, terus balok-balok yang melingkari mangkok ialah cheese cake-nya. Tidak lupa ada satu scoop es cream vanila di pucuk bingsu.

Dapat disebut jika bingsu di Bahagia Snow Bingsu ini 100% serupa sama seperti yang di Korea, dimulai dari struktur sampai rasa, semua oke. Sang es serutnya ini bukanlah es air biasa, loh, tetapi susu yang dipeti-eskan. Lantas, struktur es serutnya serupa seperti micin (panjang dan tipis) atau serupa seperti parutan kelapa juga. Dan, saat masuk mulut langsung lumerrrrr! Nikmat sekali!

Tempat

Team Nglayap bertandang ke lapak Bahagia Snow Bingsu yang berada di Transmart Buahbatu Square. Tentu saja, tempatnya lebih kecil dibanding yang berada di Dipa Junction, karena yang di Transmart berbentuk booth tenant biasa. Namun, tempatnya cukup buat memuat seputar 40 orang lebih, kok.

Di sini cuman ada dua sofa, bekasnya kursi dan bangku kayu, meja dengan bangku tinggi seperti pada bar, dan ada meja untuk balita juga. Ide Bahagia Snow Bingsu yang di Transmart lebih ke “makan cepat” dibanding tempat kongkow.

Meskipun tidak begitu luas, tempat ini masih diatur elok hingga nikmat disaksikan. Kamu dapat menyaksikan beberapa menu yang dipasarkan pada dinding. Ada juga rack yang berisi pajangan dan majalah Korea. Saat di sana akan diputar beberapa lagu Korea yang hits.

Ini ialah tempat kamu pesan dan menyaksikan keseluruhnya menu. Ada keuntungan dibalik tidak banyak opsi menunya, karena kamu jadi tidak begitu pusing ingin makan apa, hehe. Yang membuat Bahagia Snow Bingsu serupa sekali sama cafe-cafe di Korea ialah mekanisme order-nya.

Maka sesudah pesan dan bayar, kamu akan dikasih benda bulat ini oleh pegawainya. Pager ini berperan untuk memberitahu kamu saat pesanan kamu sudah usai dibikin.

Seperti cafe di Korea umumnya, minuman dan makanan yang kita pesan memang kita mengambil sendiri ke konter, mengajar konsumen untuk jadi berdikari. Terkecuali bila makanan yang kamu pesan besar dan panas seperti Budae Jjigae, maka diantarkan oleh karyawan.

Tidak cuman mekanisme ambil order-an, sesudah usai makan, kamu seharusnya menyimpan sendiri gelas dan mangkok sisa makanan kamu di konter ini. Ini memperlihatkan jika kamu ialah individu yang berdikari dan cendekia. Pakai nampan agar mempermudah kembalikan gelas dan mangkok. Jika kompor dan panci, sich, kelihatannya susah untuk dibalikkan sendiri, jadi diamkan saja di meja, ya.

Alamat

Bahagia Snow Bingsu punyai dua posisi di Bandung, yakni:

  • Dipa Junction, Jalan Aria Jipang no. 1-3. Membuka dari jam 11 siang – 9:30 malam.
  • Transmart Buahbatu Square Lantai 1, Jalan Raya no. 259, Cipagalo, Bojongsoang. Membuka seperti jam mall.

Follow account sosial media Bahagia Snow Bingsu di:

  • Facebook lewat link ini.
  • Instagram @happysnowbingsu.

Ringkasannya, senang sekali makan di sini, makan bingsu-nya, hehe. Untuk minuman dan makanan yang lain standard, jika menurut kami. Ya, memang arah ke Bahagia Snow Bingsu, kan, untuk cari bingsu-nya. Jika menurut kamu bagaimana?